Cara Memperbaiki Flashdisk Yang Terendam Air

Bagaimana cara memperbaiki USB Flashdisk ?. Jika flash disk tersebut hanya terendam air, jangan panik !. Kemungkinan besar flashdisk kesayangan kita tersebut masih bisa di selamatkan. Kejadiannya dua hari yang lalu. Waktu mau nge-print pekerjaan bos, ntu flashdisk raib tak tahu kemana rimbanya. Padahal file yang mau di print ada didalam flashdisk tersebut. Bolak-balik cari kemana-mana ga ketemu.
Hampir 3 jam otak bekerja keras mengingat keberadaan ntu flashdisk, akhirnya kepikiran kalau ntu benda mungkin masih ada didalam saku celana. Benar saja, flash disk tersebut ada dan terselip manis disana. Namun yang menyedihkan, celananya sudah berada dijemuran  . Tahu artinya? berarti ntu FD sudah melewati beberapa proses pencucian. Ketauan nyucinya ga bersih,,, dasar bunda
Masih dalam keadaan lembab, flash disk dengan kapasitas 4 Gb tersebut akhirnya di bongkar abis. Teringat teori tentang kelistrikan waktu di SD dulu, kalau air itu merupakan konduktor yang baik. Jadi, jangan terburu-buru langsung mencolokkan-nya ke komputer atau laptop dalam keadaan basah ataupun lembab. Dijamin bakal langsung koit ntu FD.

cara memperbaiki flashdisk rusak

Sebisanya, keringkan seluruh bagian FD termasuk bagian PCB. Lap dengan kain kering seluruh permukaan komponen-komponen elektronik-nya seperti IC termasuk kaki atau pin-nya. Kemudian, panaskan dengan Boiler Solder untuk menguapkan sisa-sisa air. Berhubung saya tidak mempunyai boiler, saya menggunakan korek gas untuk memanggang-nya (bukan dibakar  ) sekitar 5 detik.
Pasang kembali body nya, colok ke laptop, alhamdulillah, USB Flashdisk yang terendam air ini masih berfungsi dengan baik. Tips ini tidak berlaku untuk flashdisk yang rusak akibat terinjak  .

Penulis : Irham Maulana

Artikel Cara Memperbaiki Flashdisk Yang Terendam Air Semoga bermanfaat bagi sobat blog. Terimakasih atas kunjungan serta kesediaan sobat membaca artikel ini. Kritik dan saran dapat anda sampaikan melalui kotak komentar.

Terkait

Description: Cara Memperbaiki Flashdisk Yang Terendam Air Rating: 4.5 Reviewer: Unknown ItemReviewed: Cara Memperbaiki Flashdisk Yang Terendam Air
Al
Andrean Azis Updated at: Senin, Mei 28, 2012
Comments
0 Comments