Pengertian Dan Kegunaan Ping Di Komputer

Pengertian Dan Kegunaan Ping Di KomputerPing singkatan dari Packet Internet Groper, yaitu sebuah program kecil yang berguna untuk memeriksa konektivitas jaringan TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol), sehingga kita dapat menguji sebuah komputer terhubung dengan komputer lainnya atau tidak dan juga seberapa bagus kualitasnya.
Ping bekerja dengan cara mengirim sebuah paket ICMP (Internet Control Message Protocol) ke komputer yang akan ditest konektivitasnya, lalu menunggu respon dari komputer atau host yang dimaksud.
Jika komputer target memberikan respon, itu artinya kedua komputer tesebut saling terhubung dalam jaringan. Dan hasilnya (statistik) akan ditampilkan ditampilakan pada monitor.

Kegunaan ping antara lain :

  • Menguji komputer target dalam keadaan nyala atau mati.
  • Mengetahui kualitas jaringan saat dilakukan ping, yang ditunjukkan dengan melihat besarnya 'round-trip' dan jumlah 'packet-loss'. Semakin kecil akan semakin bagus.
  • Mengetahui daya respon komunikasi jaringan, indikasi yang ditunjukkan adanya nilai 'delay' atau 'latency'. Semakin kecil akan semakin bagus.
  • Mengetahui ketersediaan jaringan, dalam arti dengan ping bisa memastikan apakah router, server, atau mesin gateway sedang bermasalah, atau ada kabel jaringan yang terputus atau apakah LAN Card sudah ter-install dengan benar.

Baik admin maupun user bisa menggunakan perintah ping baik dalam jaringan LAN, WAN baik antara komputer ke komputer, server ke server internet atau server lain yang masih dalam satu jaringan baik LAN atau WAN.

Format dasarnya adalah :  ping ip_address atau ping namadomain
Keterangan :

  • ip_address = nomor IP dari komputer/host target yang akan ditest, misal 192.168.0.1, 192.168.1.25
  • namadomain = nama domain dari komputer/server target yang akan ditest, misal yahoo.com, google.com
Dengan catatan, saat ingin melakukan test ini harus memastikan jaringan TCP/IP komputer lokal atau komputer yang sedang dipakai sudah benar atau tidak, lakukan ping 'loopback address, dengan format perintah : ping 127.0.0.1

Penulis : Irham Maulana

Artikel Pengertian Dan Kegunaan Ping Di Komputer Semoga bermanfaat bagi sobat blog. Terimakasih atas kunjungan serta kesediaan sobat membaca artikel ini. Kritik dan saran dapat anda sampaikan melalui kotak komentar.

Terkait

Description: Pengertian Dan Kegunaan Ping Di Komputer Rating: 4.5 Reviewer: Unknown ItemReviewed: Pengertian Dan Kegunaan Ping Di Komputer
Al
Andrean Azis Updated at: Minggu, September 02, 2012
Comments
0 Comments